Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Flores antara perbatasan Nusa Tenggara Timur ( NTT ) dan Nusa Tenggara Barat ( NTB ). Di sini terdapat tiga pulau utama atau pulau yang sedikit besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca and Pulau Padar dan sisanya adalah pulau kecil dengan luas daratan 603 km2. Total luas Taman Nasional Pulau Komodo sekarang adalah 1917 km2.

Sejarah Taman Nasional Pulau Komodo
Taman Nasional Pulau Komodo ditemukan sekitar tahun 1980 dan telah di nyatakan salah satu bagian dunia yang perlu dilindungi dan biosphere reserve oleh badan UNESCO pada tahun 1986.

Taman Nasional ini awalnya di bentuk dengan tujuan untuk melesatarikan spesies Naga yang unik dan langka (Komodo) yang dikenal dengan bahasa ilmiahnya Varanus Komodoensis yang ditemukan pertama kali oleh JKH Van Steyn sekitar tahun 1911. Setelah itu bukan hanya Naga Komodo yang dilindungi, tapi semua keanekaragaman hayati baik laut dan darat masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Pulau Komodo.

Mayoritas orang-orang yang tinggal di Pulau Komodo dan sekitarnya adalah nelayan yang berasal dari Bima (Sumbawa), Manggarai, Flores Selatan, Sulawesi Selatan yang berasal dari suku Bajau Bugis. Suku Bajau awalnya suku yang hidup sebagai pengembara yang senang berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya.

Penghuni asli Pulau Komodo adalah orang-orang suku Ata Modo yang masih ada di Pulau Komodo, tapi seiring dengan pendatang dari daerah yang lain, maka darah, adat budaya dan bahasa telah bercampur dengan pendatang baru.

This entry was posted in DESTINATION, Destination, NEWS & INFO, Tourist Object. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ADVERTISEMENT

Our Sponsors